Memilih Awning Rumah yang Cocok untuk Rumah Anda

Kanopi jendela

Saat Anda mulai berinvestasi untuk membuat sebuah patio luar ruangan yang nyaman dan menyenangkan, saat-saat paling menarik adalah permulaannya. Mengapa? Karena Anda sedang merancang suatu bagian dari rumah yang akan Anda nikmati selama beberapa tahun ke depan. Baik itu sebuah kursi duduk yang nyaman, dekorasi indah atau awning rumah, ada banyak hal yang menarik.

Salah satu pilihan dekorasi yang bisa Anda pilih untuk bagian depan rumah adalah awning. Awning dipasang di sisi rumah dan bisa menutupi jendela, pintu, atau keseluruhan patio. Anda juga bisa menggunakan dua awning jendela yang bersebelahan di depan rumah Anda. Jika ada pintu samping, awning pintu dapat diletakkan diatas pintu tersebut.

Awning adalah aksesori rumah yang menambah fungsi dari daerah luar ruangan maupun patio. Karena adanya awning rumah menghalangi sinar matahari masuk dari jendela maupun pintu, awning bisa membantu Anda menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendingin ruangan.

Untuk lantai kayu dan perabot dari kayu maupun material lainnya, awning bisa membantu menjaga warnanya agar tidak pudar. Awning sungguh sebuah dekorasi rumah multifungsi. Rumah Anda menjadi sebuah bangunan dengan rancangan yang sangat terstruktur dengan adanya awning.

Awning, atau yang juga disebut overhang, merupakan penutup kedua setelah dinding eksterior sebuah bangunan. Biasanya awning terbuat dari benang akrilik, katun, atau polyester. Awning juga bisa menambah keindahan rumah Anda. Jika tidak ada dekorasi lain yang menarik atau Anda tidak suka terlalu banyak detail, awning bisa menjadi pilihan.

Pilihan di atas bisa menjadi pilihan yang punya fungsi dekoratif selain fungsi utamanya. Awning pintu sangat cocok untuk melindungi area pintu dari sinar matahari dan hujan. Jadi misalnya Anda harus mengambil kunci rumah saat hujan, Anda tidak akan kehujanan.

Jenis-jenis Awning Rumah Berdasarkan Letak

Awning patio

Awning patio

Awning patio

Yang pertama adalah awning untuk patio. Awning untuk patio dipasang di samping rumah dan menutupi patio semen atau dek kayu. Anda bisa meletakkan meja makan dan kursinya di bawah awning patio. Ini membuat Anda bisa menikmati makan bersama keluarga di luar ruangan tanpa terkena terlalu banyak sinar dan panas matahari.

Sebelum memilih patio, ukurlah area yang akan Anda pasangi patio dengan teliti. Ukur rumah Anda dari ujung ke ujung. Juga ukur berapa jarak awning dan rumah Anda. Ini akan membantu Anda menghindari membeli awning yang dipasang terlalu jauh.

Jika tidak ingin meletakkan meja makan di bawah awning, cobalah meletakkan sebuah sofa sehingga Anda bisa bersantai di sana setiap saat.

Awning pintu

Awning pintu

Awning pintu

Selain awning untuk patio, Anda juga bisa memilih awning rumah untuk pintu. Seringkali, pemilik rumah memasang awning di pintu depan atau samping. Awning logam yang dipasang pada pintu depan bisa menambah dekorasi di rumah Anda. Detail ini juga menarik perhatian orang saat melintasi rumah Anda. Seperti halnya awning untuk patio, awning pintu juga bisa melindungi Anda dari hujan.

Anda harus memilih warna awning yang cocok dengan skema warna rumah Anda secara keseluruhan. Sama seperti saat memilih awning untuk patio, penting untuk mengukur jarak dari satu pint uke pintu yang lain agar awning terlihat pas.

Awning jendela

Awning jendela

Awning jendela

Anda juga bsa memasang awning pada jendela. Umumnya, awning dipasang di setiap jendela depan rumah Anda. Jika jendela rumah Anda diberi awning, jendela akan terlindung dari benturan hujan atau sinar matahari langsung. Anda bisa memilih awning jendela dalam warna tunggal, atau yang bercorak seperti garis-garis.

Awning yang paling umum ditemukan adalah yang terletak di atas pintu atau jendela. Ada juga berbagai tipe awning. Ada awning propulsive yang bisa dibuka tutup, awning yang dibuka tutup dengan cara diatrik. Yang terakhir ini semakin populer digunakan, khususnya untuk patio. Selain itu, bahan pembuat awning yang paling populer adalah aluminium karena lebih tahan lama dan tahan karat.

BACA:

Inspirasi Awning Rumah untuk Anda

Inspirasi Awning Rumah untuk Anda

Inspirasi Awning Rumah untuk Anda

Tampilan bold

Jika Anda menginginkan tampilan rumah yang bold atau berani, Anda bisa memilih awning dengan garis-garis berwarna cerah. Pastikan kombinasi warnanya cocok dengan warna cat rumah sehingga tidak bertabrakan.

Tampilan kalem

Ingin suasana yang kalem? Pilihlah awning dengan warna sejuk seperti biru atau hijau. Warna-warna ini juga bisa mengurangi panas yang masuk ke rumah Anda saat cuaca sedang panas-panasnya.

Ada juga awning dari kaca dengan desain cantik jika Anda ingin sesuatu yang berbeda. Meskipun lebih rentan daripada jenis awning lainnya, awning dari kaca akan memberikan kesan pintu masuk rumah Anda sangat mengundang.

Cuaca tak menentu

Jika Anda tinggal di daerah yang cuacanya tidak menentu, pilihlah awning yang bisa dibuka tutup. Saat hari sedang panas dan sinar matahari terlalu terik, awning bisa ditutup. Saat mendung, awning bisa dibuka agar lebih banyak sinar yang masuk.

Awning kayu

Awning yang terbuat dari kayu juga bisa menjadi alternatif lain untuk mempercantik tampilan rumah Anda. Awning dari kayu paling cocok diletakkan di sekitar taman. Ini menimbulkan kesan natural dan ramah lingkungan di taman Anda.

Awning kain

Untuk membuat tampilan rumah Anda lebih lembut, khususnya jika rumah Anda didominasi material batu bata dan logam, gunakan awning yang terbuat dari kain. Dua material yang kontras ini akan membuat penampilan rumah Anda terlihat lebih seimbang.

Kaca patri

Penampilan rumah yang antik dan klasik pun bisa didukung oleh digunakannya awning yang sesuai. Jika tema rumah Anda klasik dengan banyak detail dan dekorasi, Anda bisa memilih awning rumah dari kaca patri untuk semakin memperindah penampilan rumah Anda.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WhatsApp chat