Panduan Memilih Bahan dan Model untuk Canopy Minimalis

Gaya Canopy Cantilever

CANOPY – Saat ingin menambahkan canopy di area rumah Anda, Anda harus yakin bahwa canopy itu akan tahan lama dan dibuat dengan material yang bisa bertahan dari segala cuaca. Begitu pula jika rumah Anda minimalis, canopy minimalis pun juga harus tetap memperhatikan bahan yang digunakan. Bahan paling populer untuk canopy adalah GRP, polikarbonat, dan kaca.

Sudahkah Anda mengetahui mana yang menjadi pilihan terbaik untuk rumah Anda? Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa material terbaik yang bisa digunakan untuk membuat canopy serta pilihan desain canopy yang minimalis dan modern.

Pilihan Bahan untuk Membuat Canopy

  1. R.P (Glass Reinforced Plastic)

R.P (Glass Reinforced Plastic)

R.P (Glass Reinforced Plastic)

Umumnya dikenal sebagai GRP atau FRP (Fibre Reinforced Plastic), bahan ini adalah kombinasi serat kaca dengan matriks resin polyester. Campuran ini menghasilkan sebuah komposit yang kuat dan tidak mudah hancur.

Keuntungan yang ditawarkan bahan ini adalah bahan ini cocok digunakan di segala kondisi dan cuaca. Bahan ini juga memiliki penampilan yang mirip kaca sehingga terlihat indah namun tidak mudah pecah seperti kaca sungguhan.  Anda dapat memilih GRP yang transparan maupun opaque sesuai kebutuhan Anda.

Jika ditambah dengan lapisan pelindung ultraviolet, bahan ini bisa memberi perlindungan lebih dari sinar ultraviolet pada orang maupun benda yang berada di bawahnya.

Walau memiliki kelebihan, bahan ini juga memiliki kekurangan. Seiring berjalannya waktu, sinar dan panas matahari dapat merusak GRP sehingga warnanya pudar. Jika warna sudah pudar, maka GRP juga kehilangan fungsinya sedikit demi sedikit. Selain itu, GRP juga tidak sekuat canopy polikarbonat.

Bahan ini mempunyai umur lebih pendek dari yang lainnya, sekitar 10 tahun. Namun ini mungkin cukup lama jika Anda selalu ingin sesuatu yang baru. Permukaannya agak kasar sehingga sulit dibersihkan. Canopy yang dibuat dengan bahan ini membutuhkan perawatan yang lebih dari bahan lain.

  1. Kaca

Bahan Cenopy Kaca

Bahan Cenopy Kaca

Bahan kaca tentunya sangat mendukung penampilan canopy minimalis. Selain indah, kaca juga memiliki berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Jika menggunakan kaca sebagai bahan canopy Anda, suasana tidak akan menjadi berisik saat turun hujan lebat. Ini karena kaca memiliki sifat akustik yang bagus. Bandingkan dengan bahan lain, yang tentunya menimbulkan suara keras jika dihantam air hujan.

Selain itu, kaca juga mendukung penampilan rumah minimalis karena memberi kesan bersih dan cantik pada rumah Anda. Tentunya kesan inilah yang dicari saat Anda mempunyai sebuah rumah minimalis. Kejernihan kaca bisa Anda manfaatkan untuk mengamati bintang ataupun burung.

Kelemahan kaca yang pertama adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan bahan lain. Tentu saja mahal, karena bekerja dengan kaca membutuhkan kehati-hatian lebih dan membentuk kaca lebih sulit dari bahan canopy lain.

Selain itu, kaca bisa menjadi berbahaya jika Anda tidak mendapatkannya dari pemasok yang terjamin. Untuk itu, pastikan kaca yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan tidak mudah pecah. Belilah canopy kaca dari produsen yang sudah terpercaya.

Jika sinar ultraviolet menjadi kecemasan Anda karena bisa menyebabkan kanker kulit, maka Anda perlu tahu bahwa kaca tidak bisa melindungi dari sinar ultraviolet. Namun di beberapa tempat, Anda bisa meminta kaca untuk dilengkapi dengan filter ultraviolet.

  1. Polikarbonat

 

Bahan Cenopy Polikarbonat

Bahan Cenopy Polikarbonat

Polikarbonat adalah termoplastik yang berwarna transparan secara alami. Bahan ini memungkinkan cahaya menembus canopy Anda seperti layaknya kaca. Selain penampilannya cantik, polikarbonat juga kuat.

Kelebihan polikarbonat dibanding bahan lainnya adalah ketahanannya. Bahkan, bahan ini hampir tidak bisa rusak. Anda juga bisa memilih polikarbonat transparan, opal, atau berwarna sesuai dengan keinginan Anda. Umur dari bahan polikarbonat juga panjang sehingga tidak perlu sering mengganti canopy minimalis Anda.

Memilih bahan polikarbonat untuk canopy Anda juga menghemat biaya. Meskipun tidak terbilang mahal, ketahanannya telah teruji. Bahan polikarbonat akan tetap kuat dan bersih sepanjang waktu. Bahan ini juga tidak menghantarkan panas sehingga menjamin area di bawahnya tetap sejuk.

Yang menjadi kelemahan dari polikarbonat adalah kemampuannya meresonansikan suara. Maka saat hujan suara hujan itu akan terdengar keras sehingga mungkin mengganggu kenyamanan Anda.

Aneka Gaya Canopy Minimalis yang Bisa Anda Pilih

Desain canopy Anda juga bisa Anda pilih dari berbagai macam yang ada. Walau rumah Anda minimalis, tidak berarti hanya ada sedikit pilihan canopy.

  1. Menempel pada tembok

Gaya Canopy Menempel pada tembok

Gaya Canopy Menempel pada tembok

Gaya canopy yang ini adalah yang paling sering digunakan dan paling ekonomis. Jika menggunakan canopy jenis ini, Anda bisa mendapatkan area di bawahnya yang tidak terganggu oleh adanya tiang atau penghalang lain.

  1. Cantilever

Gaya Canopy Cantilever

Gaya Canopy Cantilever

Canopy jenis ini hanya memiliki penyangga pada satu sisi, disebut juga dengan tenda membrane, yang membuatnya sesuai untuk membuat canopy bergaya minimalis. Keuntungannya adalah area di bawahnya terbuat tanpa ada penghalang seperti tiang. Tetapi jika Anda menginginkan canopy model ini, pastikan canopy Anda bisa menahan beban. Sebaiknya minta seorang ahli untuk melakukan perhitungan.

  1. Freestanding

Gaya Canopy Freestanding

Gaya Canopy Freestanding

Canopy freestanding tidak perlu ditempelkan pada tembok, maka jenis ini lebih fleksibel. Tetapi jenis canopy ini membutuhkan lebih banyak tiang penyangga sehingga total biaya menjadi lebih mahal. Jika Anda tidak begitu memusingkan soal biaya, sah-sah saja memilih canopy jenis ini.

  1. Warna

Setelah memilih gaya dari canopy minimalis Anda, pilihan warna juga penting. Warna harus disesuaikan dengan tema rumah Anda secara keseluruhan. Misalnya Anda memiliki rumah yang cenderung klasik, warna yang cerah mungkin tidak tepat.

Banyak pilihan warna canopy rumah yang bisa Anda pilih. Sebaiknya untuk memastikan kecocokan antara canopy dan rumah Anda, pilih warna seperti pintu atau jendela Anda. Jangan ragu meminta penyedia canopy membawa sampel ke rumah Anda untuk dicocokkan sehingga Anda tidak ragu dalam memilih.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WhatsApp chat