7 Cara Desain Cafe Minimalis Agar Menjadi Cantik dan Unik

http://marzuqiteknik.com

TENSILE MEMBRANE – Beberapa waktu terakhir usaha café atau rumah makan berkembang pesat. Khususnya di kota-kota besar. Namun bukan berarti café hanya terdapat di kota besar saja. Setiap pengusaha bisnis memiliki inovasi dan ciri khas masing-masing. Ini yang membuat persaingan bisnis terasa hangat.

Selain itu, beraneka ragam konsep bangunan juga diterapkan oleh para pendiri usaha tersebut. Desain cafe minimalis kian diminati berbagai kalangan. Bahkan kini juga tengah menjadi konsep yang sering dipakai untuk bangunan resto. Tak sampai di situ, desain tersebut semakin diminati sebab tidak memerlukan lahan besar untuk dapat memulai sebuah usaha di bidang kuliner.

Berbagai macam konsep pun telah menjamur dan dapat dijadikan referensi dalam mendekorasi café tersebut. Café dengan konsep ini bisa diterapkan untuk indoor maupun outdoor. Namun kita lebih sering mendapati desain ini pada tema indoor. Sedang tema outdoor masih belum banyak diterapkan desain ini.

BACA: 11 Konsep Desain Cafe Outdoor Sederhana

http://marzuqiteknik.com

Sumber : Google

Selain menu unik yang menjadi daya tarik, peran desain interior juga tak kalah penting. Selain menjadi faktor kenyamanan konsumen, desain tersebut dapat pula menjadi magnet bagi konsumen baru sehingga presentase penjualan makanan di café tersebut menjadi meningkat. Sebab interior yang tertata apik dapat memanjakan mata pengunjung.

7 Langkah Sederhana Desain Cafe Minimalis Cantik

Desain interior yang baik dapat menjadi alasan pengunjung untuk datang lagi dan lagi, dan tanpa disadari pengunjung tersebut menjadi peanggan setia café Anda. Namun, sering muncul kendala saat kita ingin memulai usaha di bidang in, salah satunya karena low-budget, modal yang pas-pasan banget

Desain cafe minimalis memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Nah, di bawah ini bisa jadi referensi Anda yang ingin membuat café yang keren namun dengan modal pas-pasan. Memang bisa? Yuk intip tips-tips di bawah ini.

  1. Mulailah usaha kecil-kecilan

Jika masalah budget masih menjadi kendala untuk desain cafe minimalis anda, kita bisa mulai dengan menyewa tempat yang kecil. Nah ini jadi kesempatan yang bagus untuk mulai mendesain tempat mungil itu menjadi sebuah tempat usaha bergaya minimalis. Selain Anda bisa berlatih untuk mendesain, Anda juga dapat menarik pelanggan dari berbagai kalangan.

Dengan modal kecil yang Anda miliki, bukan berati Anda tidak bisa mendesain tempat usaha dengan baik. Anda bisa mulai meembuat mural dengan kapur dan papan tulis hitam di daftar menu yang tertempel di dinding café Anda. Atau Anda dapat memanfaatkan lampu-lampu unik yang menambah kesan cozy.

Manfaatkan furniture kayu  agar tidak menimbulkan kesan kaku. Dengan penataan dan pelayanan yang baik, sudah pasti pengunjung akan betah berlama-lama di tempatmu.

  1. Jangan lupa desain eksterior cafe Anda

Desain cafe minimalis

Jika usaha Anda mulai bekembang, tips ini bisa menjadi magnet bagi pengunjung, lho. Anda bisa menyewa tempat yang sedikit lebih besar, dengan itu Anda dapat menyulap tempat baru tersebut menjadi lebih bagus. Tentunya dimulai dengan desain luar bangunan café Anda. Ketika kita membeli sebuah hunian, apa kita lihat pertama kali? Desain eksteriornya bukan?

Nah, untuk menampilkan kesan minimal, gunakan canopy kain atau tenda dengan desain yang simple dan terbuat dari material yang ringan. Kanopy kain tidak perlu dilapisi dengan cat warna-warna monokrom. Penggnaan canopy sendiri juga untuk meninggalkan kesan kaku dan kebih menonjolkan kesan minimalis pada tempat usahamu.

  1. Nama Café yang menarik

Ini juga perlu perhatian ekstra. Selain desain café, pemilihan nama juga butuh kreativitas. Misalnya gunakan bahasa yang simple, tidak kaku dan enak didengar. Umumnya menggunakan Bahasa Asing, bahasa slang (bahasa gaul), Akronim dan bahkan nama asli si pendiri (namun ini berlaku bagi chef atau pelaku bisnis yang memang telah tersohor).

  1. Tema Industrialis

http://marzuqiteknik.com

Sumber : Google

Tema ini sangat pas jika dipadu padankan dengan kesan minimalis. Sebab keduanya bersifat modern dan urban. Materi desainnya pun tak jauh berbeda, masih mnggunakan warna-warna netral. Selain itu tema industrial dapat menjadi padu padan yang apik dan memberikan nuansa yang modern serta cozy.

Jangan bingung mengaplikasikan konsep industrialis untuk desain interior. Bahkan dinding semen kasar maupun dinding bata bisa disulap menjadi hal yang epic tanpa biaya yang over-budget. So, masih ragu untuk mencoba konsep ini?

  1. Instagram-able

Era serba digital bisa menjadi jembatan antara kita dan konsumen. Buat akun instagram café dan mulai dengan men-capture setiap sudut interior café Anda. Buat semenarik mungkin agar followers makin bertambah, sehingga memungkinkan mereka melihat desain dan makanan yang tersaji di café Anda.

http://marzuqiteknik.com

Sumber : Google

Kemudian sediakan spot foto yang instagram-able untuk memenuhuhi kebutuhan fotografi para pengunjung cafemu. Dengan sendirinya, mereka akan menandai foto mereka dengan akun official cafemu dan membubuhkan caption yang beraneka ragam. Satu hal lagi, jangan lupa tulis tagar menarik agar lebih banyak orang mudah menemukan akun official café Anda.

  1. Free Wifi dan spot charger

Ini dia hal yang perlu Anda siapkan guna menunjang kenyamanan pengunjung. Yup, free Wifi. Saat ini Wifi menjadi fasilitas utama yang harus tersedia disebuah tempat usaha. Beberapa pengunjung memanfaatkan fasilitas Wifi gratis selama nongkrong dan ada yang memanfaatkan untuk keperluan pekerjaan.

  1. Scadinavian Concept

Scadinavian? Nama orang mana? Hehehe. Mungkin sebagian dari kita cukup awam dengan istilah tersebut. Tapi taukah Anda jika konsep ini adalah yang paling sederhana dan irit dana? Karena konsep ini cukup memanfaatkan cat putih ataupun cat dengan warna pastel lainnya.

Konsep ini memberi aksen mimalis, jika ditambah pattern, hiasan grafir kayu maupun lampu dinding dapat mempercantik ruangan. Nah, konsep scadinavian ini bisa kalian diterapkan untuk desain cafe minimalismu.

One comment on “7 Cara Desain Cafe Minimalis Agar Menjadi Cantik dan Unik

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WhatsApp chat