Memilih Lokasi Glamping yang Sempurna

Glamping Lakeside Rancabali

Secara umum, jenis tenda untuk glamping terbagi menjadi empat. Empat jenis tersebut adalah yurt, tipi atau tepee, kubus, dan kelopak. Yang manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel ini untuk mengetahui harus memilih penginapan seperti apa di glamping Anda berikutnya.

Banyak orang yang baru memasuki dunia glamping terkejut saat mengetahui ada begitu banyakjenis akomodasi yang ditawarkan. Tidak hanya tenda tradisional yang biasa digunakan saat camping, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai bentuk akomodasi saat Anda glamping. Dari begitu banyak pilihan, panduan ini akan membantu Anda memilih yang cocok untuk Anda.

Tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mencoba glamping, karena salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat glamping adalah Kota Bandung, Jawa Barat. Glamping Bandung sendiri sudah memiliki berbagai macam variasi. Maka tinggal pilih mana yang menarik perhatian Anda, dan nikmati liburan Anda.

  1. Yurt

Akomodasi glamping yang satu ini berbentuk melingkar. Yang membedakan satu yurt dengan yurt yang lain adalah ukurannya. Yurt mempunyai asal dari Rusia dan Turki dan desainnya sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Hal yang dimiliki semua yurt, berapa pun ukurannya, adalah bentuknya yang melingkar.

Glamping Yurt

Glamping Yurt

Bentuk melingkar ini juga yang membedakan yurt dari akomodasi glamping yang lain. Jika ingin mencoba glamping menggunakan yurt, Anda bisa membelinya sendiri karena jenis ini termasuk mudah dipasang. Namun jika tidak, Anda bisa memilih tempat glamping di mana sudah terpasang yurt.

Belum ada lokasi glamping di Indonesia yang menawarkan yurt, mungkin juga karena belum ada pembuat yurt di sekitar area yang berpotensi dijadikan tempat glamping. Namun, tidak tertutup kemungkinan di masa depan akan bermunculan mengingat uniknya bentuk dari tenda jenis ini.

  1. Kubus, Kubah, dan Kelopak

Bentuk-bentuk ini bisa jadi merupakan bentuk yang paling menarik dari semua jenis tenda glamping. Akomodasi ini bisa mempunyai ruang tunggal, bentuknya juga beragam dari yang melingkar hingga kotak. Yang menarik dari tipe ini adalah Anda bisa mendirikannya dengan berbagai cara.

Tips untuk Memilih Tempat Glamping yang Tepat

Tips untuk Memilih Tempat Glamping yang Tepat

Contohnya adalah bentuk kelopak. Bentuk ini bisa digantung, atau bahkan menggantung di atas jurang atau tebing jika Anda mau. Tidak ada akomodasi glamping lain yang menawarkan sensasi ekstrem ini.

Namun jika Anda tidak ingin pengalaman yang terlalu ekstrem, Anda bisa memilih bentuk kubus atau kubah yang berdiri di atas tanah. Biasanya, kubus atau kubah diletakkan di antara pemandangan indah seperti pepohonan atau di tengah lembah. Legok Kondang Lodge adalah salah satu tempat glamping Bandung yang menawarkan penginapan jenis ini.

  1. Tenda glamping tradisional

Terakhir, ada pula tenda glamping tradisional. Tetapi tenda glamping tradisional tidak seperti tenda reguler. Tentu saja pengalaman yang ditawarkan tenda glamping lebih beragam, untuk membedakannya dari camping biasa.

Tenda glamping tradisional

Tenda glamping tradisional

Kebanyakan tenda glamping, walau bentuknya seperti biasa saja, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti pendingin ruangan, dek, air panas, toilet modern, dan tempat tidur yang nyaman. Jika Anda menginginkan tenda bentuk tradisional, banyak lokasi glamping Bandung yang memilikinya, antara lain Green Hill Park Ciwidey dan Lakeside Rancabali.

Tips untuk Memilih Tempat Glamping yang Tepat

Memilih Lokasi Glamping yang Indah

Memilih Lokasi Glamping yang Indah

Tentunya untuk pengalaman glamping yang menyenangkan, Anda harus memilih akomodasi yang sesuai dengan gaya, preferensi,dan budget Anda. Lalu, bagaimana cara agar mendapat lokasi glamping yang benar-benar cocok? Simak tips di bawah.

  1. Pilih bentuk dan isi akomodasi Anda

Hal terbaik dari glamping adalah banyaknya pilihan akomodasi yang tersedia. Tetapi tentu saja, beberapa akomodasi mungkin lebih cocok dari yang lainnya. Misalnya, rumah pohon mungkin menawarkan pemandangan dan lokasi menginap yang menarik, namun tidak cocok jika Anda membawa anak kecil karena bisa berbahaya.

Contoh lain yaitu tipi. Jenis ini sangat luas, namun biasanya tidak menawarkan kamar mandi dalam dan dapur. Pertimbangkanlah segala kelebihan, kekurangan, dan layanan setiap jenis tempat glamping untuk pengalaman yang maksimal.

Tentunya setiap tempat glamping punya bangunan yang indah. Penasaran di mana penyedianya membeli berbagai fasilitas itu? Berbagai jenis atau tipe glamping ini dapat Anda beli di situs marzuqiteknik.

  1. Pilih pemandangan yang cocok

Saat Anda bangun pagi dan keluar dari lokasi menginap Anda, pemandangan apa yang Anda harapkan? Apakah itu danau, padang pasir, hutan, laut, atau perkebunan? Mengetahui jenis pemandangan yang Anda harapkan tidak hanya membantu Anda memilih lokasi, namun juga bisa memberi gambaran tentang pengalaman seperti apa yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda ingin pemandangan danau, Anda bisa memilih lokasi glamping Bandung yang populer yaitu Legok Kondang Lodge. Jika Anda ingin menikmati berada di tengah hutan yang rindang, cobalah glamping di The Lodge Maribaya.

  1. Berapa anggaran biaya untuk glamping?

Harga penyewaan tempat glamping sangat bervariasi, tergantung lokasi dan fasilitasnya. Jika Anda memilih yang penuh kemewahan dengan fasilitas lengkap, bisa saja harganya mencapai jutaan Rupiah. Tetapi lokasi glamping yang lebih sederhana mungkin tidak semahal itu. Saat Anda sudah menentukan daerah untuk glamping, tinggal sesuaikan tempat penginapannya.

  1. Berapa banyak aktivitas yang ingin Anda lakukan?

Setiap lokasi glamping menawarkan kegiatan yang berbeda untuk pengunjungnya. Ada lokasi glamping yang menawarkan Anda untuk bersantai, namun ada juga yang menawarkan berbagai petualangan. Jika Anda ingin aktivitas lebih, cobalah lokasi glamping Bandung yang bernama Green Hill Ciwidey. Di sini, Anda bisa merasakan trekking dan bermain paintball.

  1. Apakah Anda ingin tetap terhubung dengan dunia luar?

Mungkin Anda berharap dapat membawa ponsel, tablet, laptop, maupun alat elektronik lainnya ke tempat glamping. Namun ingat, beberapa tempat glamping tidak menyediakan koneksi internet maupun listrik. Pertimbangkan hal ini dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WhatsApp chat