Fundamental Struktur Tensil Membrane

Struktur tensil membrane atau Tensile Membrane Structure yang sering kita lihat sebenarnya adalah sebuah struktur yang tipis, ringan dan kuat. Memiliki fleksibilitas yang baik, dan bernilai seni tinggi.  Tensile membrane struktur pada prinsipnya merupakan Gabungan atau susunan dari beberapa komponen yang merupakan unsur pokok dari struktur tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada ilustrasi sebagai berikut :

tensile_membrane_structures

Komponen Pokok Struktur Tensile Membrane

A. PONDASI
     Pondasi berfungsi untuk menyalurkan beban dari
     seluruh struktur tensile membrane terhadap tanah.
     Pada umumnya pondasi untuk tensile membrane
     struktur dibuat dari beton dengan pembesian

E. FLOATING CORNER PLATE
Fungsinya mirip dan hampir sama dengan Corner Plate. perbedaannya adalah type floating corner plate ini untuk menyalurkan gaya tegangan dari permukaan kain atap membrane terhadap kolom sekunder. Type Floating Corner Plate ini banyak digunakan pada struktur shade sail?

B. KOLOM UTAMA
    Kolom utama atau main column berfungsi untuk menyalurkan beban struktur tensile membrane bagian atas ke pondasi.
     Kolom utama dibuat dari Bahan yang memiliki kekuatan tarik yang tinggi terbuat dari baja, beton, atau kayu

G. CLAMPING BAR
Berbeda dengan Corner Plate, clamping bar berfungsi menyalurkan gaya tegang kain di sepanjang profil atau beam yang digunakan sebagai batas atau boundary struktur tensile membrane. Clamp Bar pada umumnya terbuat dari baja karbon tinggi dengan perlindungan kart galvanis atau stainless

C. ANGKUR TARIKAN
Untuk menjaga stabilitas tiang utama, memerlukan semacam penyeimbang berupa kabel baja yang salah satu ujungnya terpasang pada tiang utama, sedangkan satu sisi ujungnya terpasang pada pondasi.

H. NECK RING
Strutur tensile membrane dengan bentuk konus memerlukan komponen neck ring dalam pemasangannya. Komponen Neck Ring lajimnya dibuat dari bahan metal berlapiskan galvanis atau cat serbuk.

D. CORNER PLATE
 Untuk mendapatkan permukaan atap membrane yang sesuai dengan harapan diperlukan sebuah alat pengaturan ketegangan yang bisa disesuaikan . Maka diperlukan Corner Plat yang menjadi media penyaluran gaya gaya di permukaan kain atap membrane terhadap struktur rangka.

Tahapan Pembuatan Struktur Tensil Membrane

Setelah dapat menyiapkan semua komponen seperti yang ada dalam keterangan di atas, maka proses sesungguhmya segera dimulai. Para aplikator termasuk kami akan memulai dengan melakukan konsep desain awala mengenai seperti apa atap struktur membran yang akan kami buat. Proses pembuatan struktur tensil membrane yang kami gunakan mengacu pada standard yang tertera di Asosiasi Membrane Internasional Proses-proses tersebut memerlukan urutan yang teratur dan sistematis. Anda dapat melihat bagaimana tim kami melalui proses-proses tersebut dalam klip berikut :

">

WA Kami