9 Alasan Menggunakan Atap Baja Ringan untuk Rumah Anda

Atap Baja Ringan

Apakah Anda mulai menemukan adanya masalah dengan atap Anda saat ini? Atau apakah Anda berlangganan tukang reparasi atap karena seringnya atap Anda rusak? Jika iya, mungkin ini saatnya mengganti atap rumah Anda. Salah satu pilihan jenis atap untuk mengganti adalah atap baja ringan.

Belakangan ini, atap baja ringan adalah bahan atap yang banyak dipilih. Tak heran, karena bahan baja ringan menawarkan banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya sudah jelas, yaitu bobot yang ringan. Ingin tahu alasan lain Anda harus memilih atap baja ringan? Simak artikel ini.

Berbagai Keuntungan dari Atap Baja Ringan

1. Bobotnya ringan

Karangka Baja Ringan

Karangka Baja Ringan

Ini sudah jelas dari namanya. Jika Anda sekarang menggunakan atap aspal, Anda bisa menambahkan selapis atap baja ringan di atasnya tanpa butuh tambahan apa pun. Ini akan menghemat biaya karena melepas atap yang sudah ada tentu saja akan memakan biaya tambahan.

Untuk informasi, bahan atap yang terlalu berat akan menambah kemungkinan atap jebol. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi. Maka untuk keamanan, gunakanlah atap baja ringan.

2. Tahan segala kondisi

Jika diberi perawatan yang sesuai, atap dari baja ringan dapat bertahan selama lebih dari 50 tahun. Atap dari baja hampir tidak bisa ditembus oleh apa pun, serta bisa menahan karat, pembusukan, dan serangga seperti rayap. Jika atap lama Anda sering rusak karena hantaman ranting pohon atau batu, maka pertimbangkanlah menggantinya dengan atap baja ringan.

Dengan ketahanan yang dijanjikan ini, beberapa produsen dari atap baja ringan bahkan menawarkan garansi 50 tahun. Dengan ketahanan 30 sampai 60 tahun, kemungkinan besar Anda tidak perlu lagi mengganti atap. Atap ini bisa bertahan selama bangunan masih ada.

3. Penampilannya indah

Kelebihan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Atap baja ringan yang tersedia saat ini sudah mempunyai penampilan yang lebih baik, dibandingkan dengan atap baja yang banyak digunakan di masa lalu. Mungkin dulu atap baja tidak punya bentuk yang beragam dan menggunakannya akan membuat rumah terlihat seperti peternakan.

Namun pada saat ini, Anda bisa memilih atap baja ringan dengan bentuk yang menyerupai bahan lain seperti tanah liat, kayu, maupun batu. Jadi Anda bisa menikmati keuntungan dari menggunakan atap berbahan ringan, namun tetap mempertahankan keindahan desain rumah Anda.

Apapun desain rumah Anda, selalu ada atap berbahan baja ringan yang sesuai dan mendukung penampilan rumah Anda secara keseluruhan.

4. Bisa membantu menghemat energi

Saat ini tersedia jenis atap yang bisa memantulkan sinar dan panas matahari, seperti halnya panas terpantul jika Anda mengenakan baju berwarna cerah. Jika panas terpantul, maka lebih sedikit panas yang terserap ke dalam rumah sehingga rumah tetap sejuk. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendingin ruangan.

Atap logam seperti tembaga memiliki sifat memantulkan cahaya secara alami, tetapi atap berbahan lain bisa diberi lapisan cat putih maupun pelapis reflektif lainnya untuk memantulkan panas.

5. Tidak butuh banyak perawatan

Atap yang terbuat dari baja membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada atap dari aspal, sehingga Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk merawat atap dari baja ringan ini. Sangat sesuai untuk Anda yang ingin menghemat biaya.

Sebagai perbandingan, atap dari aspal membutuhkan perawatan rutin setiap lima hingga delapan tahun sekali. Kebanyakan orang menjalani hidup yang sibuk, sehingga perbaikan atap sebaiknya dihindari jika memang tidak perlu. Gunakan atap dari baja ringan untuk menghemat waktu Anda.

6. Lebih ramah lingkungan

Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan

Atap yang terbuat dari baja biasanya mengandung lebih dari 50 persen bahan yang didaur ulang. Juga atap dari baja yang sudah tidak terpakai 100 persen bisa didaur ulang, termasuk bagian-bagiannya seperti pengikatnya. Memilih atap dari bahan yang bisa didaur ulang, seperti baja ringan, bisa mengurangi tumpukan sampah logam.

Pemilik rumah yang peduli dengan lingkungan, termasuk Anda, akan senang mengetahui bahwa saat mengganti atap rumah tidak banyak bagian yang berakhir menumpuk ditempat pembuangan.

7. Lebih aman

Tak seperti bahan atap lainnya, atap baja tahan terhadap ancaman bahaya di alam, bahkan api. Ini menambah proteksi terhadap rumah Anda khususnya terhadap api. Anda bisa tinggal di rumah dengan rasa yang lebih aman.

Selain tahan api, atap dari baja ringan juga tahan terhadap angin kencang. Atap baja ringan tahan angin kencang karena bobotnya yang ringan. Atap dari baja ringan juga tahan terhadap petir. Alasan keamanan inilah yang membuat Anda disarankan menggunakan atap berbahan baja ringan.

8. Menambah nilai jual rumah

Harga Lebih Murah

Harga Lebih Murah

Tidak semua renovasi rumah bisa menambah nilai jualnya. Perhatikan hal ini, khususnya jika Anda berniat menjual rumah Anda dalam waktu 10 tahun ke depan. Jika Anda menginginkan keuntungan yang besar, pikirkan renovasi apa yang harus anda lakukan yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

Seringkali, mengganti atap dengan bahan baja ringan perlu dilakukan meskipun Anda tidak memikirkan keuntungannya. Tetapi memilih atap baja ringan akan memberikan keuntungan lebih besar. Anda bisa mendapatkan keuntungan sebanyak 85 persen dari investasi. Ini merupakan jumlah besar bila dibandingkan dengan atap aspal yang hanya memberi keuntungan 52 persen.

9. Tidak berisik

Banyak yang mengira bahwa atap baja ringan akan menghasilkan suara keras yang mengganggu, khususnya saat hujan. Namun kenyataannya tidak begitu. Meskipun tidak lebih tenang, nyatanya atap dari baja ringan sama saja dengan jenis atap lainnya jika dibandingkan dalam hal ini.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Chat WhatsApp